MANAJEMEN ENTERPRUINERSHIP
semuapun dapat membaca blog ini bagi yang ingin pintar berenterepriunership

BAGAIMANA CARA MEMBUAT SEBUAH RUMAH SAKIT MENJADI BESAR

By .Gatot Manggala

Bagaimanlangkahmembangunrumahsakit?
Sepertipada unit-unit bisnis yang lain, pembangunanrumahsakitharusmelelui proses feasibility study (FS). Sesuaidengankompleksitasrumahsait, maka feasibility study yang dibuatmutlakdipersiapkandenganteliti, danbenar-benardilakukanpengkajian yang mendalamdarisemuasegi.Dalam FS iniharussudahmenggambarkankonsep, visimisidantujuanrumahsakit, termasukdidalamnyaharusmemuatdanmemberikan statement yang jujur (obyektif) mengenailayakdantidaknyarumahsakittersebutdibangun, memuatbesarnyadan yang diperlukanuntukkepentinganpembangunanrumahsakittersebutdanbebasdari unsure kepentingankonsultanpembuat FS.
Perkembanganteknologi (IT) danperalatanrumahsakitsaatini, menambahkompeksitaspembangunanrumahsakit, darisisifasilitasfisisknyasajaharusdirencanakandengan design planning secara detail, tidakbisahanyamengadopsi design planning satuduarumahsakit. Tetapiharusdiplanningdariawalsecara integral, utamanya flow of work, padasemuabagianrumahsakit, termsaukjenis material, bentukbangunan, dan detail ruangannya (dimensiruang, lebarkoridor, arahbukapintu, jumlahjendela, jenis AC dll).

Bila FS menyatakanlayakdan design sudahdibuat, konsultan (IHR) akanmembantumemberikan assessment, danhasil assessment inidapatdijadikanalatuntukmengontroljalannyapembangunan. IHR sebagaikonsultan professional dibidanginiemberikanjaminan proses pemabgunanrumahsakitakandapatberjalandenganbaikdansesuairencana>Disampingitujikadiperluaknsampaipada proses operasionalisasi t\rumahsakit, kami memeiliki SDM yang cukupuntukmendampingi owner rumahsakit.

Berapabiayakonsultanpembanguanrumahsakitbilamenggunkanjasa IHR?
Biaya kami sangat competitive dan negotiable menyesuaikan budgeting yang telahdialokasikanuntukkonsultan (biasanyakitadapatmenjalankanpadaporsi 80% daripagu yang telahditentukan).

Berapabesardana yang dibutuhkanuntukmembanngunsebuahrumahsakitdengankapasitas 200 beds?
Padadasarnyamudahsajamenghitungperkiraanbiayapendirianrumahsakit, tetapitingkatakurasinyadibawah 90% karena factor relativitasperkiraanbiayainisangattinggi, kecualisudahdilakukan FS yang lengkap, tersediagambardansudahditentukanspesifikasiperalatannya. Namununtukmemudahkanperkiraanbiayanyadapatkitaklasifikasikansebagaiberikut: perkiraanbiayauntukrumahsakittingkatmenengah (darisegikualitasperalalatandanbangunan) dibutuhkandanasedikitnya 150 M, denganasumsifasilitasdasarrumahsakitterpenuhi, tersediaradiologi (ct scan, mri, fluoroscopy, usg, panoramic, echocardiography) laboratorium semi lengkap, dan unit-unit lain, hinggarumahsakittersebutdapatberoperasitentusajadiluarhargatanah (lokasi).

Bagaimanamengawalidiskusipembangunanrumahsakitdengan IHR?

Kami sangatmudahuntukdihubungi, selainmelalui web inikitadapatmelakukanperjanjianuntukmelakukandiskusi, tempat kami sangatfleksibel, menyesuaikankebutuhankliendanuntukdiskusiawalsepanjangdilakukan di wilayah Yogyakarta, kami akandengansenanghatimendatangiklien. Dan untukhubunganmelalui telephone selain yang disebutkan di web iniklien kami dapatmenghubungi kami di 08175453664 atau di http://bukutamu.konsultanrumahsakit.com/

Langkahapa yang harusdilakukanklienjikasudahmemiliki planning untukmembangunrumahsakit?
Pertama, melakukankontakdenganpemerintahansetempatuntukdiskusimasalahperijinanprinsippembanguanrumahsakit, jikapemerintahsetempat (kabupatenmaupunpropinsi) tidakmenyetujuipendirianrumahsakit yang bersangkutan, denganalasan yang jelasmakasebagai owner harusberpikirrealistisuntuktidakmeneruskan planning tersebut.Bilaijinprinsiptelahdiperolehmaka proses-proses dantahapanuntukmewujudkanperencanaanpembangunanrumahsakittersebutdapatditeruskan.

Tepatnya IHR memberikanjasakonsultandibidangrumahsakitbagianapa?
IHR memberikanjasakonsultanbidangrumahsakitsecarakeseluruhan; antara lain Pembuatan feasibility study, design planning, pengawasanproyek, pembuatanspesifikasiperalatan, pengawasan: renovasidanpengembangan, sertabidang SDM (recruitment dan training)

Sudahberapaproyek yang ditangani IHR?
IHR didirikanbelum lama, dansecaraorganisasibelumpernahsecaranyatamendapatkanklien.Tetapisecarapribadidarianggota team telahmemilikikegiatan yang pastidibidangrumahsakit, calonkliendapatmelihat CV anggota team IHR sebagaibahanpertimbanganuntukmelangkahkedepanbersama.

Menurut IHR dalampembangunanrumahsakit, mana factor yang terpentinguntukdititikberatkan?
Dalampembangunanrumahsakit, semua factor menjadipenting, tidakadahal yang harus di prioirtaskanatautidakdiprioritaskan, sebaiknya proses harusberjalanseiringsejalansesuiatahapannyadanharusselesaibersamaan, supayadalanpelaksanaanopersaionalisairumahsakittidakterjadigangguan yang tidakdiharpakan.

Dalampembangunan unit radiologi, apakahkitaharusmelibatkanbapetendariawal?
Sejauhspesifikasiperalatandan detail bangunan (ruang) telahdilakukandenganbenar, makatidakperlumelibatkanBapetendariawal, yang pentingdalam proses perijinankeBapetensemuadokumenharusmengacupadadokumenaktependirianrumahsakit.

Apakah IPAL harusdibuatdenganmetodemoderen?
Sejauhdanapembuatandanoperasionalisasinyamencukupi, haltersebutlebihdisarankan, namunpertimbanganlokasirumahsakitjugamenjadipenentu, apabilalokasirumahsakit di perkotaandanpadalingkunganpadatpendudukmakasebaiknyajanganmenggunakansistimkonvensional, karenapastiakanterjadipolusiudara (berbau).

Apakah IHR dapatmengikuti tender sebagaikonsultanpadarumahsakitpemerintah?
Padaprinsipnya kami dapatmengikuti tender padasetiaprumahsakitsiapa=pun pemiliknya. Prinsipdasar kami adalahmemberikanjasakonsultandenganbiaya yang wajardanhasil output yang maksimal.

Apakah IHR bersediamemberikan advice untukpengembanganrumahsakit?
IHR memiliki team ahlisesuaibidangnya, kami dapatmemberikan saran disemuabidangdalamurusanrumahsakit, sampaikepadasisipengelolaankeuangan, IT, pengembangan SDM, system logistic yang efektifdan lain sebagainya.

Bagaimana agar program maintenance perlatanrumahsakitdapatberjalanefektif?
Klemahanpadabanyakrumahsakitadalahbagimanamereka me-maintenance perlatanmedismaupun non medisnya. Cara yang paling sederhanaadalahperkuat system management danteknispada unit (biasanya di rumahsakitmemakaiistilah IPSRS) dari unit inilah maintenance akandapatberjalandenganefektif. Program maintenance harudibuatjadual yang pelaksanaannyaharusdievaluasiharianolehpimpinan unit.Dan dari unit-unit yang terkaitharusmendukung, apabilajadual yang telahdibuattidak di laksanakanwajibmeberikanlaporanpada unit maintenance.
Mainetnancetidakterlepasdarikebijakan top level management, harusadaperhatiankhususmengenai budged, workshop, peralatandan staff khusus yang terampildibidangperlatanmedisdanmekanikuntukperaltan non medis.
Pengelompokanjadual maintenance jugamempengaruhiefektifitaskegiatnnya, pengelompokantersebutadalah: daily, weekly, monthly, quarterly, dan annually maintenance. Apabilakegiatan maintenance dilaksanakansesuapengelompokanjadualtersebutmakaefektifitas maintenance akantercapai.

 

1 comment so far.

  1. yasuoabbatiello 3 Maret 2022 pukul 17.07
    Slot machines - DrMCD
    Find 울산광역 출장마사지 Slot machines by our experts at Dr.MD. Browse through 광주광역 출장샵 slot machines reviews, bonuses, game codes and more. Discover 동두천 출장안마 the best 제주도 출장마사지 casinos offering free slots Game Features: 5 reels, 세종특별자치 출장샵 3 rowsTop Slots: 15 Video Slot Games

Something to say?